Mencegah dan Mengobati Penyakit Campak pada Anak | Informasi Hidup Sehat

Mencegah dan Mengobati Penyakit Campak pada Anak

Mencegah dan Mengobati Penyakit Campak pada Anak


Campak (Rubella) adalah penyakit yang dikarenakan oleh virus campak (rubella) yang bisa menular lewat batuk, bersin, atau cairan campak tersebut. Umumnya penyakit ini semakin banyak diketemukan pada anak-anak dibanding pada orang dewasa. 

Serta sesungguhnya penyakit campak bisa pulih sendiri seandainya anak (pasien) memperoleh konsumsi gizi yang bagus, banyak minum serta istirahat yang cukup. Penyembuhan campak berbentuk simtomatik serta suportif saja seperti pemberian obat demam serta vitamin. 

Mencegah dan Mengobati Penyakit Campak pada Anak

Pemberian vitamin A pada anak pasien sakit campak diperuntukkan untuk mempercepat pengobatan dalam sistem penyembuhan. Sesudah keadaan kesehatan anak sembuh serta pulih dari sakit campak jadi umumnya anak akan tidak terserang (terjangkiti) penyakit campak lagi seumur hidupnya. 

Apakah penyakit menular atau tak? Bagaimana caranya penularan campak? Virus penyakit campak menular lewat percikan air liur yang keluar lewat mulut orang yang menanggung derita sakit campak saat alami batuk atau bersin. Penularan serta penyebaran campak dapat berlangsung dari mulai 2 hari sebelumnya munculnya tanda-tanda s/d 4 hari setelah munculnya ruam berwarna kemerahan pada kulit atau tubuh pasien. 

Tanda-tanda Penyakit Campak 
– Demam tinggi, batuk pilek serta pembengkakan pada kelenjar limfe 
– Nampak ruam pada kulit yang umumnya diawali dari daerah belakang teling serta wajah 
– Mata merah 

Langkah Mencegah Penyakit Campak 
Usaha menghindar supaya tak tertular penyakit campak dapat dikerjakan dengan bebrapa aksi mencegah melalui vaksin. Di Indonesia ada 2 type vaksin yang ada untuk menghindar wabah penyakit campak, yakni Vaksin Campak serta Vaksin MMR (Mimps, Measles, serta Rubella). 

Vaksin campak diisi virus campak yang telah dilemahkan, langkah pemberian vaksin campak yakni lewat cara suntik, usaha ini bisa memberi perlindungan serta mencegah dari tertular sakit campak sampai meraih kian lebih 95 persen. Vaksin campak diberikan 1 kali pada usia balita 9 bln. serta membutuhkan booster (penguat) ketika mencapai usia 5 th. apabila belum diberikan vaksim MMR pada umur 15 bln.. Vaksin MMR diberikan saat umur anak 15 bln. serta usaha ini diulang pada umur anak 4-6 th..



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top