Tips Agar Tidur Pulas dan Efektif | Informasi Hidup Sehat

Tips Agar Tidur Pulas dan Efektif

Tips Agar Tidur Pulas dan Efektif


Tidur pulas serta cukup, sangatlah utama untuk kesehatan badan serta mental. Sayangnya, tidak kebanyakan orang bisa tidur pulas sepanjang tujuh-delapan jam sehari-hari. Terdapat beberapa aspek sebagai pemicu seorang susah tidur. Kebiasaan-kebiasaan kecil, menurut Michael Gardner PhD, psikiater Behavioral Sleep Medicine Program di University Pennsylvania, kerapkali jadi pemicunya. Inilah kebiasaan-kebiasaan yang perlu dijauhi saat sebelum tidur. Berikut adalah Tips tentang hal yang harus anda hindari jika ingin memiliki Tidur yang efektif .

Tips Agar Tidur Pulas dan Efektif

 Asik dengan Hp atau Komputer 

Sebagian riset ilmiah menunjukkan bahwa pemakaian piranti elektronik seperti hp, computer serta TV bisa bikin seorang susah terlelap. Robert Rosenberg, DO, penulis buku Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, menyampaikan bahwa radiasi sinar dari piranti-perangkat itu, bisa menghindar produksi hormon kantuk atau hormon melatonin. Supaya hal semacam ini tak berlangsung, matikanlah lampu serta peralatan elektronik yang memantulkan sinar satu jam saat sebelum pergi tidur. 

Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu 

Sebagian type obat antidepresi, pereda nyeri serta obat darah tinggi bisa bikin Anda terbangun kurun waktu lumayan lama. Tanyakan dengan dokter saat sebelum memakai obat-obatan itu. Tanyakan dengan terang, kapan saat yang pas untuk meminumnya agar saat tidur tak terganggu. 

Minum Kopi 

Satu cangkir kopi memiliki kandungan cafein pada 80 hingga 120 miligram. Anda pasti sudah mengetahui bahwa cafein yaitu senyawa yang dapat aktifkan otak, hingga kantuk lenyap. Sebagian orang mempunyai hoby minum kopi sesudah makan malam dengan asumsi jam tidur masih tetap lama. Menurut Michael, hal itu kurang pas lantaran cafein bisa tinggal dalam darah sepanjang 12 jam. 

Minum kopi decaf atau rendah cafein juga tak disarankan. Pasalnya, tak seluruhnya kopi decaf betul-betul rendah cafein. Survey customer di Amerika Serikat pada 2007 temukan ada kopi dengan label decaf nyatanya memiliki kandungan 20 miligram cafein. Kita tidak paham bagaimanakah di negara kita. 

Minum Teh 

Satu lagi minuman sumber cafein yaitu teh. Dengan cara garis besar teh dibagi jadi dua jenis, yakni teh herbal serta teh yang betul-betul teh. Teh type herbal seperti chamomile, mawar serta peppermint bebas cafein. Sedang teh hijau, putih serta hitam memiliki kandungan cafein yang jumlahnya cukup untuk bikin Anda terbangun. 

Tetapi bila Anda terus mau nikmati teh yang sebenarnya saat sebelum tidur, coba untuk minum dari cangkir ke-2. Siapkan dua cangkir air panas. Celupkan kantung teh ke cangkir pertama. Kemudian, celupkan ke cangkir ke-2. Cafein pada teh gampang hilang bila terkena air panas. Cangkir pertama berperan menyingkirkan cafein. Sesaat cangkir ke-2, tersebut yang Anda minum. 

Kurang Saat Bersantai 

Banyak pikiran, tersebut argumen beberapa orang saat di tanya kenapa mereka susah tidur pada malam hari. Karenanya, Michael merekomendasikan supaya Anda menyempatkan diri untuk betul-betul santai seputar satu jam saat sebelum tidur. Lupakan dahulu semua beban pekerjaan serta beberapa masalah yang lain. Matikan lampu, ambillah napas dalam-dalam, dengarkan musik lembut, bila perlu nyalakan aromaterapi supaya syaraf-syaraf mengendur serta kantuk cepat datang. 

Konsumsi Makanan yang Terlampau Berbumbu atau Berlemak 

Makanan berlemak serta terlampau banyak bumbu, terlampau pedas, asin, atau asam, bila dikonsumsi terlampau banyak bisa merangsang produksi asam lambung.  Alhasil perut jadi merasa kembung, nyeri serta mual. Saat makan juga mesti ditata, lantaran ada beberapa orang yg tidak dapat tidur waktu perut penuh. Idealnya, saat paling akhir konsumsi makanan yaitu dua jam saat sebelum saat tidur supaya badan mempunyai saat cukup untuk mengolah makanan itu. 

Itulah Tips Agar Tidur Pulas dan Efektif, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top