Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Selangkangan | Informasi Hidup Sehat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Selangkangan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Selangkangan


Terdapat beberapa penyebabnya gatal di selangkangan yaitu dapat lantaran infeksi, iritasi kimia, alergi, dan lain-lain. Walau mungkin saja itu bukanlah keadaan yang serius, tetapi tentu begitu menyebalkan serta bahkan juga mungkin saja buat malu. Oleh karenanya juga penting tahu bagaiamana langkah menangani gatal pada selangkangan ini. 

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Selangkangan

Tidak mungkin dapat menangani permasalahan dengan cara selesai tanpa ada tahu apa masalahnya. Oleh karenanya utama untuk di ketahui sebagian peluang penyebabnya gatal pada selangkangan, yakni : 

Infeksi Jamur 
Infeksi jamur adalah penyebabnya tersering gatal di selangkangan, arti medisnya tinea cruris. Jamur gampang tumbuh pada selangkangan lantaran biasanya daerah ini lembab terlebih kebersihannya kurang. 

Ciri khas dari jamur pada selangkangan yakni berwarna merah-coklat hingga kehitaman dengan batas tegas seperti pulau (saksikan gambar diatas), kulit bersisik (terkelupas) serta kadang-kadang ada ruang yang kelihatannya menyembuh dibagian tengah (central healing). Rasa gatal makin kronis saat berkeringat. 

Intertrigo 
Adalah peradangan pada kulit (dermatitis) yang cuma memengaruhi lipatan kulit. Hal semacam ini berlangsung saat kulit teriritasi oleh gesekan antar kulit atau mungkin dengan baju, yang diperburuk oleh kelembapan serta panas. Aspek resiko intertrigo meliputi obesitas, panas, serta kelembapan. Tanda-tanda Intertrigo yakni kemerahan pada kulit, rasa terbakar, serta gatal-gatal di lipatan kulit termasuk juga lipat paha atau selangkangan. 

Infeksi Bakteri 
Iritasi seperti pada intertrigo bikin kulit jadi rawan pada infeksi. Salah nya ialah infeksi bakteri yang ditandai dengan gatal diselangkangan berwarna kemerahan, serta terbentuk nanah. Bila kronis dapat menyebabkan rasa nyeri serta demam. 

Scabies 
Scabies adalah peradangan kulit yang dikarenakan oleh kutu Sarcoptes scabei. Satu diantara tempat favoritnya yaitu kulit yang tidak tebal seperti sela-sela jari, perut, serta daerah selangkangan. Ditandai dengan rasa gatal pada kulit terlebih pada malam hari serta ada anggota keluarga atau rekan satu tempat tinggal yang turut terserang. 

Reaksi alergi 
Iritasi kimia seperti deterjen, semprotan badan, cream, salep, pelembut kain, busa kontrasepsi atau cermat bisa menyebabkan reaksi alergi pada badan. Hal semacam ini mungkin saja, pada gilirannya, mengakibatkan pembentukan gatal, ruam merah pada selangkangan. 

Penyebabnya yang lain 
Terdapat beberapa penyebabnya lain yang juga mungkin saja menyebabkan gatal di selangkangan. Seperti kutu kemaluan atau Phthirus pubis. Diabetes melitus yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dapat juga menyebabkan gatal pada selangkangan. Bahkan juga mungkin saja bakal jadi memperburuk keadaan yang telah ada. 

Agar bisa menangani gatal pada selangkangan dengan selesai, langkah awal yaitu memastikan pemicunya. Setelah itu kerjakan langkah di bawah ini : 
  • Langkah pertama yaitu menyembuhkan penyebabnya yang memicu seperti jamur jadi diobati dengan anti jamur baik krim maupun obat minum, 
  • Untuk infeksi bakteri jadi membutuhkan antibiotik, serta untuk scabies jadi dibutuhkan obat anti scabies. Dalam soal ini begitu butuh diagnosis serta therapy dari dokter. Menangani rasa gatal dengan minum obat anti gatal. 
  • Pakai baju atau celana yang longgar hingga kurangi panas serta kelembaban, serta janganlah memakai celana yang ketat. Sesudah mandi keringkan daerah selangkangan dengan handuk yang bersih. 
  • Stop rutinitas kerap gunakan pakaian dengan cara bertukaran dengan orang lain. 
  • Jauhi pemakaian product seperti deodoran di daerah selangkangan atau product yang lain yang punya potensi menghematasi kulit serta bikin gatal makin kronis. 
  • Janganlah menggaruk dengan cara teratur serta terlalu berlebih lantaran bakal memberi iritasi serta jadi parah gatal yang berlangsung. 
  • Bila dibutuhkan, aplikasikan es atau kompres dingin pada selangkangan yang berperan kurangi gatal serta peradangan. 
Demikian, langkah mengatasi gatal pada selangkangan mudah-mudahan berguna :)



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top